Sunday, February 9, 2014

AutoCAD Tutorial : Membuat Denah (Basic)

Dalam AutoCAD Tutorial ini, langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat denah adalah menggambar garis as. Garis as ini penting sekali sebagai patokan untuk pengukuran bangunan. Langkah-langkah untuk menggambar denah dijelaskan di bawah ini.
AutoCAD Tutorial : Langkah-langkah membuat denah.
1. Membuat garis as dengan perintah Pline. Dengan pline, kita bisa membuat beberapa garis secara bersinambungan. Keuntungan menggunakan Pline adalah saat di-offset, semua garis akan ikut terpilih (lihat video AutoCAD Tutorial terkait).
2. Membuat ketebalan tembok dengan perintah Offset. Prinsipnya, kita membuat garis serupa di kiri dan kanan garis as. Jika kita ingin membuat ketebalan tembok 15 cm, maka garis as di-offset 7,5 cm ke kiri dan kanan. Langkahnya :klik Offset, ketik jarak offset (misal 7.5), enter, pilih garis as, klik sebelah kiri garis as, klik lagi garis as, klik ke sebelah kanan garis as, enter (lihat video AutoCAD Tutorial terkait).
3. Membuat kolom dengan perintah RectangleLangkahnya : klik Rectangle, klik satu sudut tembok, klik sudut lainnya (lihat video AutoCAD Tutorial terkait).
4. Membuat kusen dengan Pline. Prinsipnya sama dengan no.1 di atas. Untuk penerapannya, silakan lihat di video AutoCAD Tutorial terkait.
5. Memberi nama ruang dengan Multiline Text. Prinsipnya, perhatikan ukuran teks Anda. Sesuaikan dengan skala gambar. Untuk lebih jelasnya silakan lihat di video AutoCAD Tutorial terkait.
Agar video tidak terlalu panjang, maka video kali ini diakhiri tanpa membuat ukuran dan arsiran. Untuk kelanjutannya silakan lihat di video AutoCAD Tutorial : Membuat Denah (Basic) Bag. 2 atau jika ingin melihat langsung ke proses membuat gambar potongan silakan lihat di video AutoCAD Tutorial : Membuat Gambar Potongan.

Bagaimana AutoCAD Tutorial ini menurut Anda?

No comments:

Post a Comment